ANNYEONG HASEYO…

pyeongsaeng

Sabtu, 25 Februari 2012

Anti-YG Bersatu dalam KBS ‘Entertainment Relay’ – Kontroversi Comeback Big Bang!


Tiga kekuatan anti YG Entertainment di Korea (KBS, Dispatch, dan Kim Yong Ho) bersatu hari ini untuk menayangkan acara berdurasi 15 menit tentang Big Bang dalam KBS ‘Entertainment Relay’.
Bagi yang belum tahu, KBS adalah salah satu stasiun siar publik yang memiliki hubungan kurang baik dengan YG. Dispatch adalah paparazzi yang pernah menyensor wajah Seungri di salah satu artikel mereka dan menyebarkan kebohongan yang mengatakan Seungri berkelakuan tidak sopan. Akhirnya, sebuah video dirilis, mengungkapkan bahwa Dispatch berbohong (mungkin ada beberapa di antara kalian yang masih ingat). Mereka terus-menerus menulis artikel2 negatif tentang artis2 YG, terutama saat artis YG comeback, biasanya berdasarkan sedikit atau bahkan tanpa bukti. Kim Yong Ho adalah seorang reporter senior di Korea yang diasingkan dari event2 industri perfilman karena menyebarkan kebohongan melalui artikel2nya, dan juga pria yang dituntut oleh Rain atas tuduhan menyebarkan kebohongan bahwa dia berjudi. Dia juga telah bersama2 Big Bang sejak awal sebagai reporter anti. Satu2nya pihak ( sumber2 pemberitaan anti YG) yang tidak ikut berperan dalam tayangan kali ini adalah Newsen =(
Ketiga pihak yang bersatu ini menayangkan sebuah acara spesial yang menyatakan bahwa :
G-Dragon: Meskipun dia merokok mariyuana, dia hanya menarik diri selama 4 bulan sebelum kembali dengan comeback lain. Kebanyakan selebriti yang merokok mariyuana rata2 memerlukan 20 bulan sebelum membuat sebuah comeback. Mereka juga mewawancarai seorang ‘ahli’ (yang ternyata adalah seorang mantan polisi yang tidak pernah bekerja di ilmu forensik) dan dia berkata bahwa SEMUA ORANG yang merokok pasti bisa mengenali perbedaan antara rokok normal dan mariyuana.
Daesung: Keluarga korban mengatakan mereka tidak pernah bertemu Daesung dan dia tidak pernah memberikan uang kompensasi untuk mereka.
“Semua itu benar?? G-Dragon dan Daesung adalah orang2 mengerikan dan kita semua harus protes meminta mereka bunuh diri…” Itulah reaksi yang kalian biasanya harapkan dari netizen dan antis saat ini, tapi sebaliknya, kali ini justru KBS Entertainment Relay dan Kim Yong Ho lah yang menghadapi kecaman.
Kenapa orang2 harus mengamati dengan cermat pihak2 terhormat ini? Alasannya adalah karena tayangan itu jelas2 cenderung berprasangka dan menyajikan banyak informasi dengan tujuan tertentu agar terlihat senegatif mungkin dan tampak jelas bagi penonton.
KBS cukup baik untuk menyajikan sebuah grafik mengenai periode2 selebriti2 berbeda yang menarik diri sebelum membuat sebuah comeback setelah terlibat skandal narkoba. G-Dragon, dengan grafik terpendek selama 4 bulan, sedangkan yang tercepat lainnya selama 15 bulan dan terlama perlu 63 bulan. Masalah pada grafik tersebut terletak pada, dalam kasus G-Dragon, dakwaan yang diterimanya adalah penangguhan karena kasusnya pertama kali merokok mariyuana, dan kandungan yang ditemukan di rambutnya hanya berkadar kecil. Tapi di grafik itu, G-Dragon dibandingkan dengan orang2 yang merokok mariyuana berkali2 dan benar2 dituntut karena itu. Dua dari orang2 di dalam grafik bahkan benar2 memakai esktasi dan G-Dragon diperlakukan dalam situasi yang sama tanpa penjelasan apapun.
Untuk Daesung, mereka (para staf ‘Entertainment Relay’) benar2 mengunjungi ibu korban dan menanyakan padanya tentang event itu. Dia (ibu korban) berkata bahwa dia tidak pernah bertemu daesung dan tidak menerima kompensasi apapun. Meski begitu, KBS tidak menyebutkan bahwa Daesung menghadiri pemakaman korban dan membayar proses itu. Ibu korban saat itu sedang sakit di rumah sakit jadi Daesung hanya bisa bertemu bibi dan kakak dalam penyelesaian masalah itu dan sang bibi benar2 mengatakan seperti apa yang Daesung katakan sendiri pada tayangan Healing Camp minggu lalu. Tapi tentu saja cerita tidak akan jadi seru jika KBS mewawancarai orang2 yang benar2 bertemu dengan  Daesung.
Selama tayangan, sumber2 yang digunakan hanya berasal dari Dispatch dan Kim Yong Ho juga turut berperan. Yang cukup menarik, Kim Yong Ho mentweet dengan penuh semangat sehari sebelum penayangan :
Isi tweet-nya :
- Saksikan KBS ‘Entertainment Relay’ minggu ini (saya membuat keributan lagi lol)
- Apa ini? Acara bahkan belum ditayangkan dan sudah ada komentar2 negatif… Apakah mereka menayangkan teaser-nya? lol
- Jadi Yang-ssa (panggilan santai untuk menyebut Yang CEO) akhirnya bergerak. Tidak bisa berakhir seperti ini…
- Hasil gerakan Yang-ssa semakin memperburuk situasi… Bagaimana bisa jadwal 7 menit diperpanjang menjadi 15 menit?
Tweet2 itu segera dihapus kemungkinan karena tidak sesuai dengan isi tayangan yang mengklaim bahwa mereka tidak bisa menghubungi YG, jadi dia (Kim Yong Ho) tidak ingin dituntut atas tuduhan menyebarkan kebohongan lagi atau dituduh membuat ancaman. Tapi tetap saja, kebodohannya sendiri tertangkap pada akhirnya dengan bukti screenshot ini.
Ini adalah sebuah contoh standar integritas jurnalistik di Korea dan artikel2 yang diterjemahkan di Allkpop, dimana dendam2 pribadi diklaim sebagai ‘fakta’. Tentu saja tak ada satupun di Korea yang benar2 akan menulis sebuah artikel tentang kolaborasi antara Entertainment Relay, Dispatch, dan Kim Yong Ho karena lebih mudah menulis apa yang dikatakan di TV, mengambilnya sebagai fakta, dan melakukan sebuah review episode TV daripada melakukan penyelidikan sendiri dan menulis fakta2 sebenarnya. Jadi tentu saja cerita ini tidak akan pernah diberitakan dalam Allkpop. Saya yakin cerita versi dari ‘Entertainment Relay’ akan kuat.
Salah seorang yang hadir saat wawancara dan polling ‘Entertainment Relay’ dilakukan, mentweet :
Tweet bawah :
Oh yeah, episode ‘Entertainment Relay’ malam lalu adalah wawancara orang2 di Myung Dong dan mengadakan polling tentang apakah waktu perenungan diri G-Dragon dan Daesung sudah cukup lama atau tidak. Kebanyakan jawaban adalah ‘cukup lama’, tapi mereka (staf Entertainment Relay) terus mengacuhkan orang2 ini dan merekam orang2 yang mengatakan bahwa masa perenungan mereka belum cukup, kekekeke. Itulah kenapa saya menjauh.
Tweet atas :
Oh tidak, seperti, disebut apa itu? Kameramen atau siapapun itu terus menghampiri orang2 tua dan nenek2 yang bahkan tidak mengenal siapa itu Big Bang dan berkata pada mereka untuk menempelkan sticker di bagian “belum cukup lama”… Saya benar2 jijik, jadi saya pergi.
source : flibbertigibbet @6theory.com & Cho PD tweet
indo trans : kikawaiii @yeppopo

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting